Danau Singkarak: Tempat Liburan Yang Menyenangkan

Danau Singkarak: Tempat Liburan Yang Menyenangkan – Apakah Anda merencanakan kunjungan ke Sumatera Barat? Berbicara tentang tempat wisata, provinsi ini menawarkan banyak pilihan untuk dijelajahi mulai dari pulau-pulau yang masih asli di Mentawai hingga Danau Maninjau yang indah dengan airnya yang jernih. Namun ada daya tarik alam lain yang membuat kunjungan Anda ke Sumatera Barat menjadi lebih berharga. Dikenal sebagai Danau Singkarak atau Danau Singkarak, danau alami ini patut Anda pertimbangkan.

Danau Singkarak: Tempat Liburan Yang Menyenangkan

tourdesingkarak – Berada di perbatasan dua kabupaten yaitu Tanah Datar dan Solok, danau alami ini memiliki luas kurang lebih 7 km dan panjang 21 km. Kawasan danau ini menawarkan pemandangan yang indah, memadukan air yang jernih dan bukit-bukit hijau di seberangnya. Danau ini juga dikenal sebagai muara alami Sungai Ombilin. Danau Singkarak juga menjadi rumah bagi ikan bilih, ikan endemik yang hanya bisa ditemukan di Danau Maninjau dan Singkarak.

Top Tempat Wisata di Danau Singkarak

Saat Anda berwisata ke Sumatera Barat, Danau Singkarak merupakan destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan. Ada banyak atraksi untuk membuat kunjungan Anda lebih berkesan. Selain menikmati keindahan alam danau dan sekitarnya yang spektakuler, Anda bisa melakukan banyak kegiatan lain untuk menghabiskan hari-hari. Simak daftar hal-hal yang harus dilakukan di Danau Singkarak berikut ini!

1. Saksikan panorama danau

Danau Singkarak merupakan salah satu danau terbaik di Indonesia. Meski namanya tak sepopuler Danau Toba, Singkarak memadukan keindahan air jernih dan perbukitan hijau. Menghabiskan waktu untuk menghargai ciptaan alam ini adalah hal pertama yang ingin Anda lakukan. Ambil napas dalam-dalam, nikmati udara segar dan rangkul ketenangan. Fakta bahwa Danau Singkarak terletak sekitar 300m di atas permukaan laut, memiliki cuaca yang sejuk dan menyenangkan. Anda bisa berjalan-jalan di tepi danau dan merasakan tampilan yang eksotis.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Danau Singkarak

2. Mengunjungi Puncak Gagoan Danau Singkarak

Seperti yang sudah disebutkan, Danau Singkarak dikelilingi perbukitan rimbun yang memanjakan mata. Menariknya, Anda dapat mendaki ke salah satu bukit dan melihat pemandangan Danau Singkarak dan sekitarnya yang menakjubkan dari atas. Pengunjung dapat dengan mudah mencapai Puncak Gagoan karena memiliki akses yang mudah untuk melihat danau dari sudut pandang lain.

Untuk mencapai puncak ini, Anda perlu berjalan melewati desa-desa kecil dan mendaki. Upaya Anda akan terbayar setelah Anda mencapai puncak. Anda akan dapat melihat pemandangan Singkarak yang menakjubkan, desa-desa dan perbukitan di sekitarnya. Lanskap yang memesona ini sepadan dengan usaha Anda.

3. Mengunjungi Puncak Thailand

Thailand Peak adalah tempat baru di dekat Danau Singkarak. Terletak di Kampung Pulau, ini adalah tempat menakjubkan yang memberi Anda perspektif berbeda untuk menikmati danau. Ini menawarkan Anda pemandangan perbukitan subur yang mengelilingi Danau Singkarak dan jalan yang berbatasan dengan danau. Meski tidak jelas mengapa masyarakat setempat menyebutnya Thailand Peak, tempat baru ini sukses menarik banyak pengunjung setiap harinya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Thailand Peak adalah pada malam hari. Anda dapat melihat lampu yang berkedip indah saat Anda mengabaikannya. Jika Anda seorang pecinta selfie yang rajin, Thailand Peak layak untuk dikunjungi. Anda bisa berfoto selfie dengan background Danau Singkarak yang menakjubkan, langit biru, dan bukit-bukit yang menghijau.

4. Tracking ke Air Terjun Sarasah Batimpo

Menemukan air terjun cukup mudah di Sumatera Barat . Ada banyak pilihan air terjun, salah satunya adalah Sarasah Batimpo. Air terjun ini terletak di desa Laing dan populer di kalangan pengunjung. Sarasah Batimpo terkenal dengan airnya yang sejuk dan suasana tenang di sekitarnya. Tak heran jika air terjun ini sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Meski trek untuk mencapai air terjun ini agak menantang, namun keindahannya yang tersembunyi patut Anda coba. Anda dapat menikmati mandi atau berenang di sekitar air terjun dan menyegarkan tubuh Anda. Saat menuju air terjun ini, bawa bekal sendiri karena tidak ada penjual makanan di sana.

5. Mampir ke Bukik Cinangkiak

Bukik Cinangkaak adalah destinasi baru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Danau Singkarak. Jika ingin menikmati danau dengan sudut pandang yang berbeda, Bukik Cinangkiak bisa menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi. Berlokasi di kecamatan Koto Singkarak, Bukik Cinangkakiak biasanya ramai dikunjungi anak muda yang berburu foto cantik. Begitu Anda mendaki ke puncaknya, Anda akan dapat menyaksikan bukit-bukit hijau menakjubkan yang mengelilingi Danau Singkarak. Anda juga dapat menemukan tempat Instagramable untuk memberi makan jaringan sosial Anda

6. Pergi memancing

Hal lain yang harus dilakukan di Danau Singkarak adalah memancing. Anda akan menemukan penduduk setempat menggunakan pancing mereka dan dengan sabar menunggu ikan sial menggigit umpan. Jika Anda suka memancing, kegiatan ini tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menemukan berbagai macam ikan tapi yang paling populer adalah ikan bilih yang endemik di danau. Bagaimana jika Anda tidak membawa joran? Tidak ada yang perlu dikhawatirkan! Anda dapat menyewa pancing dari penjual terdekat dan menikmati waktu Anda menghargai keindahan pemandangannya sambil menunggu ikan.

7. Cicipi makanan lokal

Sumatera Barat memiliki makanan tradisional yang semakin populer. Rinuak adalah makanan khas yang terbuat dari ikan bilih yang hanya bisa ditemukan di Danau Singkarak dan Danau Maninjau. Namun Anda dapat dengan mudah menemukan penjual yang menjual makanan tradisional tersebut. Begitu Anda mencicipinya, Anda akan jatuh cinta dengan rasanya yang enak dan eksotis.

8. Berenang

Jika Anda ingin melompat dari air, lakukanlah. Danau Singkarak cukup aman, asalkan Anda tahu cara berenang yang benar. Jika Anda tidak bisa berenang, menyewa ban tiup membuat tubuh Anda tetap di permukaan. Jadi, Anda bisa melakukan aktivitas ini bersama teman atau anggota keluarga Anda.

Secara keseluruhan, Danau Singkarak yang terletak di Sumatera Barat ini layak untuk Anda kunjungi. Terlalu banyak hal baik untuk memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan, mulai dari menyaksikan pemandangan indah hingga menantang adrenalin Anda dengan menaiki rakit atau mendaki bukit. Apa pun kegiatan yang Anda pilih, pastikan untuk memasukkan Danau Singkarak ke dalam daftar Anda.

Recommended Articles