Danau Singkarak, Destinasi Elok Di Sumatera Barat

Danau Singkarak, Destinasi Elok Di Sumatera Barat – Apakah Anda pernah ke Danau Singkarak? Jika ya, Anda pasti setuju bahwa danau ini sangat indah. Anda memiliki pemandangan indah permukaan air yang dikelilingi perbukitan hijau. Danau Singkarak merupakan danau terbesar di Sumatera Barat. Danau ini juga merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau Singkarak, Destinasi Elok Di Sumatera Barat

tourdesingkarak – Dalam sumber lain disebutkan sebagai danau terbesar ketiga di Sumatera. Setelah Danau Toba dan Danau Ranau. Bisa dibayangkan betapa luasnya danau ini. Terasa luas ketika Anda berdiri tepat di pinggir. Danau Singkarak adalah sebuah danau di antara kota Padang Panjang dan Solok. Ini mencakup area seluas 107,8 kmĀ² dan panjang sekitar 21 km dan lebar 7 km. Danau Singkarak yang megah adalah danau kawah yang luas yang terletak di lanskap vulkanik yang dramatis.

Baca Juga : Danau Singkarak, Keindahan Alam di Sumatera Barat

Danau ini disebut-sebut sebagai danau terluas di Sumatera dan danau terbesar kedua di pulau ini setelah Danau Toba. Dunia ketenangan, pemandangan menakjubkan, dan pemandangan spektakuler menanti Anda di sini. Di sini juga Anda bisa mengagumi beberapa keindahan alam yang sangat terpencil yang juga begitu terkenal didaerah Indonesia. Juga Selain itu, wisata Danau Singkarak juga telah sangat terkenal dengan beberapa Ikan Bilihnya, beberapa jenis ikan yang juga hanya dapat hidup di dalam danau ini. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana pun kecuali di Danau Singkarak, bahkan di dalam akuarium sekalipun.

Namun, proyek pembangkit listrik tenaga air mengalihkan sebagian besar limpasan dari danau ke Sungai Anai, yang mengalir ke barat menuju Samudera Hindia dekat Padang. Pembangkit listrik di Singkarak itu menggunakan air itu untuk menghasilkan listrik bagi provinsi Sumatera Barat dan Riau. Keteduhan persimpangan jalan di tepi danau, air biru ada di mana-mana sejauh mata memandang. Ini sangat menarik terutama pada hari yang cerah dan langit biru. Bukit dan awan di langit juga menambah kekaguman.

Lokasi

Danau Singkarak adalah merupakan sebuah area danau dengan luas sekitar 108 km. Ini mencakup dua wilayah kabupaten di daerah provinsi Sumatera Barat adalah sebuah Kabupaten Solok dan juga Kabupaten Tanah Datar. Jarak dari kota pusat Padang kurang lebih 70 km. Jika menggunakan jalur Solok membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tetapi ketika Anda memposting, Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam melalui Padang Panjang.

Sejarah Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan salah satu hasil proses tektonik yang dipengaruhi oleh Pergeseran Sumatera. Danau ini adalah merupakan sebuah bagian dari sebuah Cekungan dari Singkarak Solok. Dan juga telah termasuk dalam sebuah segmen dalam sesar Sumatera. saebuah Letusan dari gunung berapi dapat menyimpan sebuah material dari vulkanik di daerah dekatnya. Ini menciptakan kolam besar. Danau Singkarak terbentuk dengan membendung material vulkanik. Biasanya ketika sebuah danau tercipta dari letusan gunung berapi, danau ini tercipta dari proses tektonik.

Keindahan

Tak bisa dipungkiri, pemandangan alam Danau Singkarak akan membuat Anda betah berlama-lama. Di sini Anda bisa berkeliling danau, karena lokasi jalan raya tepat di sepanjang tepi danau. Anda bisa berolahraga di tepi danau, memancing, berenang dan mendayung di sekitar danau. Bahkan, cukup menikmati udara di pinggir danau saja. Jika ingin mengisi perut kosong, tersedia warung dan resto kuliner.

Keunikan

Jika Anda berkesempatan datang ke sini, cobalah makan ikan asli danau. Ikan bilih hanya terdapat di danau ini. Tidak bisa hidup di luar habitat alami danau. Termasuk juga tidak bisa untuk bertahan lama didalam sebuah akuarium. Beberapa Ikan ini memang cukup unik juga karena tidak dapat dibudidayakan dalam dengan baik di sembarang tempat. Kalaupun bisa, rasanya sangat berbeda.

Menurut penelitian, terdapat 19 spesies ikan air tawar di danau ini. Diantaranya adalah: Ikan Asang/Nilem, Sasau, Gariang, Kapiek, Ikan Mas, Mujair, Sepat, Ikan Gabus dan Ikan Tani. Namun yang mendominasi hanya 3 jenis, yaitu: Ikan Bilih, Asang dan Turiak. Rasa ikan bilih baru bisa kamu rasakan saat datang ke Danau Singkarak. Karena ikan ini juga dijadikan pakan di warung-warung sekitar danau. Rasanya begitu asin dan lezat.

Recommended Articles