Melakukan Perjalanan Ke Danau Singkarak, Tempat Indah Di Sumatera Barat

Melakukan Perjalanan Ke Danau Singkarak, Tempat Indah Di Sumatera Barat – Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini memiliki keindahan yang sangat indah. Pemandangan perairan yang luas, berlatar perbukitan hijau danau, langsung menyejukkan mata.

Melakukan Perjalanan Ke Danau Singkarak, Tempat Indah Di Sumatera Barat

tourdesingkarak.id – Ada Air dari danau ini juga digunakan sebagai sumber energi PLTA Singkarak Lubuk Agung. Pembangkit listrik tenaga air biasanya terletak di tepi danau dan bendungan, tetapi tidak di sini. Air yang berasal dari Danau Singkarak juga dapat dialirkan melalui sebuah terowongan yang panjang yang melalui sebuah Bukit Balisan ke lokasi pembangkit listrik tenaga air. Ini keren. khusus

Baca Juga : Tour de Singkarak Berkontribusi Banyak Bagi Warga 

Sumatera Barat terkenal dengan panorama alamnya dan layak menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Merupakan rumah bagi banyak danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi dan pergerakan lempeng tektonik, salah satunya adalah Shankarak, danau terbesar di Sumatera Barat dan terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Danau Singkarak meluas ke wilayah administrasi termasuk wilayah Sorok dan Thana Datar. Dengan luas 107,8 km² atau sekitar 1000 hektar, danau ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, dengan kedalaman 268 meter dan ketinggian 363,5 meter, membuat udara di sekitar danau sejuk dan berangin. Danau ini termasuk dalam kategori danau tektonik karena diyakini terbentuk oleh perpindahan lempeng tektonik di bawah tanah.

Sejarah Asal Usul Danau Singkarak

Danau ini merupakan jenis danau tektonik yang terbentuk dari aktivitas lempeng tektonik. Letaknya di Sesar Sumatera, lebih tepatnya di Cekungan Singkarak-Sorok. Danau Singkarak luasnya kurang lebih 11.200 hektar dan panjangnya kurang lebih 20 km. Danau Singkarak memiliki kedalaman terukur terdalam 268 meter dan lebar maksimum sekitar 6,5 km.

Karena itu, bentuk danau ini lebih memanjang. Pada tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan kanal sepanjang 19 km. Terowongan ini melewati Bukit Balisan dan digunakan sebagai sumber tenaga air. view Ahli biologi Jerman Ernst Haeckel dianggap sebagai salah satu orang pertama yang memperkenalkan keindahan Danau Singkarak kepada dunia. Pada tahun 1905 Ernst Haeckel melakukan penelitiannya di sini.

Lukisan yang menggambarkan keadaan danau saat itu menjadi salah satu lukisan Danau Singkarak yang pertama kali dikenal luas. tempat

Wisata Danau Singkarak

Wisata di Danau Singkarak sudah terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun tenaga airnya. Pemandangan alam disini menjadi tempat bersantai. Perairan yang sangat luas ini dikelilingi oleh deretan perbukitan hijau di tepi danau. Aksesnya juga mudah. Pengunjung juga dapat mengelilingi danau dengan mudah, karena jalan raya membentang di sepanjang tepi danau.

Sejauh ini belum ada tempat khusus sebagai sebuah pusat wisata di sekitar Danau Singkarak. Tapi tidak masalah. Ada banyak tempat indah di danau ini. show Tentu saja jika pemandangan dan suasana sejuk ada di sana, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar danau.

Apa yang dapat Anda lakukan di sini. Berenang, memancing, berkano di sekitar danau, bersantai di pantai dan menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat banyak warung dan tempat singgah untuk menikmati makanan.

Letak Danau Singkarak

Danau Singkarak terletak di antara kabupaten Sorok dan Tanah Datar. Kawasan danau ini sebenarnya termasuk dalam wilayah dua kabupaten. Sekitar 70km dari kota Padang. Dibutuhkan sekitar 2 jam jika Anda mengambil rute solo. Mengemudi melalui Padang Panjang memakan waktu sekitar 3 jam. Jika Anda ingin mencapai bukit yang lebih tinggi terlebih dahulu, Anda bisa menempuh jalur Padang panjang.

Cara Menuju Lokasi

Ada beberapa alternatif pilihan transportasi dari Kota Padang ke Danau Singkarak (sumber). Dengan minibus. Dari kota Padang, naik minibus carpool Jasa Malindo dan kemudian minibus ke kota Solok. Kemudian dilanjutkan melalui Angkot menuju Singkarak Tembok dan Tikakaku. Ambil Tour Car atau sewa mobil langsung di Padang. Alternatif ini tentunya lebih nyaman bagi Anda.

Kuliner Khas

Seperti halnya wisata laut dan wisata pantai, kuliner khas di sini tentunya tidak terlepas dari ikan. Namun yang Anda ketahui adalah ikan billyfish, ikan khas asli Danau Singkarak. ikan bilih danau singkarak via kompasiana Ikan ini sangat unik, tidak dapat berkembang biak di tempat lain dan hanya memberikan hasil yang baik di danau ini.

Bahkan jika itu bisa, itu akan sangat berbeda. Ikanbilly adalah jenis ikan kecil dengan sisik keperakan. Ikan ini merupakan salah satu hasil tangkapan utama para nelayan di sini. Billyfish biasanya digoreng kering, tetapi dapat dimasak dengan cara lain Jenis ikan lainnya antara lain: Ikan Asan/Nilem, Sasau, Gallian, Kapeak, Karper, Mujail, Sepat, Gabus, Ikan Tiran.

Tempat Menarik

Wisata Ada beberapa tempat menarik di sekitar danau ini. Di bawah ini adalah beberapa informasi yang kami kumpulkan.

Dermaga Singkarak

Dermaga Singkarak merupakan sebagai salah satu tempat yang merupakan banyak dikunjungi banyak wisatawan disini. Dermaga ini juga sangat sering untuk dijadikan sebagai sebuah hub dalam kegiatan bersepeda yang berskala internasional, Tour De Singkarak. kampung

Puncak Gobah

Puncak Gobah Singkarak Singkarak Salah satu tempat terbaik untuk melihat danau dari atas. Puncak Gobah terletak di Nagari Aripan di Kecamatan Koto Singkarak X Kabupaten Solok. Jarak dari puncak Gobah ke kota Solok sekitar 20 km.

Puncak Thailand

Nama asli puncak di Thailand adalah Bikik Pulau Peak. Lokasinya berada di Nagari Simawan, Kecamatan Lubatan, Thana Datar. Letaknya sekitar 3 km dari Jembatan Ombilyn arah Solok. Tiba dalam waktu sekitar 30 menit dari kota Solo. Terletak di tepi danau. Dari sini Anda bisa mengagumi panorama alam sekitar yang indah.

Pantai Tanjung Mutiara

Pantai Tanjung Mutiara merupakan salah satu pantai di Danau Singkarak dan sangat terawat. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan di tepi danau. Tersedia banyak fasilitas. Pantai Tanjung Mutiara terletak di Nagari Batuba, Kecamatan Batipu Selatan. Jaraknya kurang lebih 30km dari batusankar ke daerah solok.

Bukit Chi Nang Kiek

Bukit Cinangkiak atau puncak Chi Nang Kiek. Tempat indah ini masih tergolong baru. Hal tersebut dapat menjadikan salah satu tempat dimana anda dapat menikmati keindahan danau dari jauh. Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, masih banyak tempat-tempat indah di sini. Pastikan kamera Anda selalu siap mengabadikan momen selama berlibur di sini.

Hotel Di Danau Singkarak

Ada beberapa hotel di Danau Singkarak. Dimungkinkan untuk tinggal tidak hanya di hotel di sekitar danau, tetapi juga di kota-kota tetangga. Beberapa hotel di sekitar Singkarak yang diambil dari Google adalah: Hotel Palapa Prima. Alamatnya Jl.Solo No.18 Padang Panjang KM 25 Tikalak, Solok. Hotel Jayakarta.

Alamatnya Jalan Padang Panjang Solok, Jorong Pasir Jaya, Nagar Tigo Koto, Rbatan, Kabupaten Tanah Datar. Sampur Singkarak Hotel. Alamat mati Lautet: Jalan Sumani, (Kampung di Minang), Danau, X Koto Singkarak, Sumpu, Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar.

Villa Yuke Coto Singkarak. Alamatnya adalah Jln Lintas Singkarak kota Pdg Panjang, Juga ada Jl. Dokter. Hamka, Sumani, X Koto kab. Singkarak, Solok. Dengan Nomor telepon 0819-7669-999. sumpu

Tour De Singkarak

Salah satu event internasional yang rutin digelar di sini adalah balap sepeda Tour De Singkarak. Tour de Sincarac didirikan pada tahun 2009 oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Ajang bersepeda tersebut kini resmi menjadi salah satu acara tahunan dari International Cycling Association.

Acara ini merupakan tempat yang tepat untuk memamerkan keindahan dan potensi wisata Sumatera Barat, khususnya wilayah Singkarak dan sekitarnya, kepada khalayak global.

Recommended Articles