Kejuaran Balapan Sepeda di Sumatera Barat : Tour de Singkarak

Kejuaran Balapan Sepeda di Sumatera Barat Tour de Singkarak

Kejuaran Balapan Sepeda di Sumatera Barat : Tour de SingkarakApabila kamu merupakan seorang penggemar ajang balapan sepeda, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Tour de Singkarak yang ada di Sumatera Barat ini bukan? Dimana ajang balapan sepeda tersebut ternyata sudah diadakan sejak tahun 2009 lalu. Selain itu, ajang balap sepeda ini digelar melalui Persatuan Balap Sepeda Internasional alias Union Cycliste International bersama Amaury Sport Organisation.

Ajang balap sepeda ini umumnya berlangsung kurang lebih seminggu dan jarak tempuhnya sendiri terdiri dari ratusan kilometer. Dimana rute balapnya sendiri melewati sejumlah kabupatan di wilayah Sumatera Barat tersebut. Menariknya lagi, ternyata ajang balap sepeda Tour de Singkarak ini telah dilakukan setiap setahun sekali untuk meningkatkan parawisata setempat.

Namun sayangnya, dari dua tahun kemarin acara balap sepeda Tour de Singkarak ini belum bisa diselenggarakan lagi. Mengingat pandemi belum berakhir dan juga ada kekhawatirkan akan menimbulkan kluster baru penyebaran virus Covid 19 tersebut. Meskipun begitu, sambil menunggu ajang balapan sepeda Tour de Singkarak tersebut kembali dibuka kamu bisa melakukan napak tilas rute kejuaraan bergensi tersebut sesuai dengan kondisi dan juga preferensinya masing-masing.

Dengan kata lain, dapat dikatakan juga bahwa setiap tahunnya sendiri rute kejuaraan bergensi tersebut mempunyai etape yang berbeda. Tetapi satu hal yang harus kamu tahu yaitu semua jalur etape yang ditempuh oleh para pebalap sepeda itu tadi melewati banyak panorama yang begitu indah dan juga menakjubkan tentunya. Di sisi lain, kamu juga bisa menikmati atraksi budaya yang menarik di lokasi finish maupun start ajang tersebut.

Mengingat setiap tahunnya, masing-masing kota dan juga kabupaten sering berlomba-lomba menampilkan atraksi budaya dan juga keseniannya di sana. Sebab, keunikan budaya tradisional wilayah Minagkabau ini memang tidak pernah ada habisnya dan mengundang decak kagum tersendiri bagi para pengunjungnya. Tidak terkecuali oleh para pebalap sepeda itu sendiri maupun para official yang mensupportnya.

Kejuaran Balapan Sepeda di Sumatera Barat Tour de Singkarak

Salah satu jenis atraksi yang kerap ditunguu-tunggu oleh para wisatawan tersebut tidak lain yaitu kesenian perguruan pencak silat dari Gunung Talang yang ada di Kabupaten Solok. Dimana perguruan Singo Putih alias Singa putih ini menampilkan berbagai macam gerakan silat dan juga tari yang dicampur dengan debus yaitu sebuah ilmu kebal untuk benda tajam. Sebagai contohnya, nanti para pemain silat tersebut tidak akan merasa terluka apabila ada anggota badannya terinjak benda tajam.

Baik itu kulit telapak kakinya hingga badan dari para penari maupun pesilat tersebut tidak terluka saat menginjak pecahan kaca dari botol yang dihancurkan. Bahkan, mereka juga tidak akan mengalami kesakitan saat menginjak anak tangga yang terbuat dari golok tajam hingga memotong buah semangkanya menggunakan perut saja. Tentunya hal tersebut menjadi tontonan yang menarik bagi para wisatawan di Tour de Singkarak.

Tips penting saat kamu akan mengunjungi ajang balapan sepeda ini tidak lain yaitu dengan mengecek waktunya terlebih dahulu. Jangan sampai kamu justru malah terlambat saat datang ke sana sehingga melewatkan keseruan ajang balapan sepeda itu tadi tentunya. Selain itu, supaya tidak ketinggalan momen serunya jangan lupa untuk membawa kamera.

Dengan begitu, kamu bisa merekam momen indah dan perjuangan para pebalap sepeda tersebut pastinya. Selain itu, tentunya kamu wajib menjadikan momen tersebut sebagai masa perjalanan yang tak terlupakan. Apalagi jika kamu mengunjungi ajang balap sepeda tersebut bersama dengan keluarga, sahabat, atau bahkan pasanganmu sendiri.

Recommended Articles